Cara Diet Yang Salah – Jangan Lakukan Hal-hal Ini!

Beberapa teman berkata kepada kami: “Orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya adalah mereka yang sukses merubah gaya hidup”. Tapi, tentunya bukan dengan cara diet yang salah :)

 Cara Diet Yang Salah
Ketika kami pertama mendengarkan kalimat di atas, terdengar cukup membingungkan, sangat klise, dan tidak biasa. Tapi bila kita perhatikan lebih jauh cara mengontrol porsi, menghindari makanan yang berlemak atau tidak sehat, dan kemampuan kita mengontrol emosi yang membuat kita sering makan secara berlebihan, semua itu memang tentang gaya hidup seseorang. Ketika Anda menjalani diet, ada beberapa hal yang harus dihindari sehingga Anda terhindar dari cara diet yang salah. Kami sajikan beberapa hal yang mungkin bisa memberikan inspirasi.

Anda tidak perlu melakukan perubahan drastis pada menu makanan
Pernahkah Anda membayangkan daging panggang yang lezat pada meja makan, namun Anda harus berpikir 100 kali untuk memakannya? Memilih menjadi vegetarian membuat Anda menjadi tidak terbiasa apalagi dengan menu diet yang mengharuskan Anda untuk memasak setidaknya 15 menit. Itu adalah cara diet yang salah, karena hanya akan membuat Anda stress dan frustasi. Menurut seorang pakar nutrisi Joy Bauer, RD “Jika bertentangan dengan gaya hidup yang sudah Anda jalankan selama ini, maka kesempatan untuk bertahan adalah sangat kecil”.

Menghindari semua jenis makanan yang ada?
Para ahli dan pakar nutrisi mengatakan tidak semua makanan bisa dijauhi tapi ada makanan yang harus anda konsumsi secara jarang. Banyak metode diet yang melarang nutrisi seperti karbohidrat, akan sulit bila kita terapkan dalam waktu yang lama. Anda perlu mengetahui bahwa karbohidrat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan sebuah energi. Anda bisa saja mengikuti semua aturan diet dan dalam waktu satu hingga dua minggu akan terasa baik-baik saja. Tapi, bila itu alasan Anda untuk menurunkan berat badan maka dipastikan berat badan akan naik kembali di kemudian hari. Intinya Anda tidak harus mengikuti semua aturan diet namun anda tetap harus mengkontrolnya.

Kesabaran dan ketekunan diperlukan saat menjalani sebuah proses diet
Ketika kita memulai sebuah diet, kita rasanya seperti termotivasi secara berlebihan. Namun ketika proses diet berjalan dan Anda mencoba untuk mengukur berat badan secara berkala setiap hari dan hasilnya tidak terlalu menggembirakan, tentunya membuat Anda kecewa dan menyerah. Yang perlu disadari, tubuh tidak instant mencerna program diet yang sudah diterapkan. Tubuh memerlukan waktu dalam membakar lemak pada tubuh.

Jangan membuat diet Anda terlalu mudah
Penelitian membuktikan kalau diet kita tergolong “mudah” maka hasilnya hanya sedikit aktifitas yang Anda lakukan. Hal yang bisa dilakukan adalah mengerjakan pekerjaan rumah seperti memasak, mencuci piring, dan pakaian. Jangan salah sangka ini bukan merupakan cara diet yang salah. Rata-rata gerakan kecil seperti itu bisa membakar total kalori sekitar 348 sehari! Bayangkan dengan kegiatan kecil saja sudah membakar kalori Anda sebanyak itu, apalagi bila Anda melakukan banyak kegiatan lain.

Leave A Comment...

*